Satelit TV Mobil

MENONTON siaran TV di mobil yang tengah bergerak memang menjengkelkan karena kualitas gambarnya tidak stabil akibat sinyal pemancar analog yang ditangkap antena TV mobil mengalami gangguan interferensi. Saat ini memang telah ada TV kabel digital berlangganan dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik meski mobil bergerak pada kecepatan tinggi. Namun tetap saja ada masalah di faktor coverage area sehingga ketika ke luar kota, perangkat itu tak berfungsi.

Perusahaan telekomunikasi raksasa AT&T telah melakukan pengujian sistem CruiseCast yang oleh perusahaan ini disebut sebagai ‘layanan hiburan total di mobil’. Sistem ini mampu memberikan layanan TV mobil di mana pun kita berada. Pada dasarnya perangkat ini adalah semacam dekoder TV untuk menangkap siaran TV langsung dari satelit.

Teknologi ini hadir pertama kali pada pameran khusus perlengkapan SEMA (Specialty Equipment Market Association) tahun lalu. Saat itu AT&T memamerkan ujicoba layanan tersebut yang nantinya pengguna akan dapat menyaksikan siaran TV sebanyak 22 channel tanpa harus mengalami gangguan ketika terkepung dengan bangunan gedung tinggi.

Menurut rekanan AT&T, RaySat Broadcasting, “AT&T CrusieCast adalah layanan yang pertama kali yang menggunakan teknologi video-buffering untuk meminimalisir terputusnya program tayangan pada saat kendaraan berjalan diantara gedung tinggi dan di dalam terowongan.”

Saat ini perusahaan bernama Sirius di Amerika menawarkan layanan serupa namun tidak dilengkapi teknologi ini. Selain itu Sirius juga tidak menawarkan banyak channel pilihan. Sementara AT&T CruiseCast meliputi sejumlah siaran dengan genre yang berbeda, termasuk program khusus anak-anak, dokumenter, musik, komedi, berita dan olahraga.

Beberapa saluran juga akan menyertakan ragam tayangan termasuk Disney Channel, Toon Disney, Discovery Kids, Animal Planet, Nickelodeon, Cartoon Network Mobile, USA, Comedy Central, MSNBC, CNN Mobile Live and CNBC yang akan menyusul siaran yang sudah ada.

Diperkirakan, layanan ini akan dijual sebagai produk after market melalui dealer-dealer mobil ketimbang menjadi produk yang tampil sebagai fitur standar pabrik kendaraan.

Meskipun mungkin menawarkan sejumlah channel sesuai permintaan, misalnya hanya sedikit saluran saja, layanan ini tak akan menjadi lebih murah. Untuk biaya memasang instalasi dikenakan sebesar US$1.299. Setelah itu, pelanggan wajib membayar uang iuran perbulan sebesar US$28 atau sekitar US$366 tiap tahunnya. (Cdx)stelit

Published on July 11, 2009 at 5:57 am  Comments Off on Satelit TV Mobil  
%d bloggers like this: