‘4Shbab’ Mtv Islami Pertama di Dunia

Musik adalah budaya universal yang bisa ditemui di berbagai kawasan di dunia, termasuk di Timur Tengah.

Penggemar musik di sana dihadapkan pada dua pilihan musik barat dan musik tradisional Arab. Musik barat bisa diakses lewat siaran televisi satelit dan musik tradisional Arab bisa dinikmati lebih luas lewat berbagai format siaran.
4shab
Saluran musik yang mencampur kedua elemen musik itu mungkin belum berkembang sehingga muncul sebuah stasiun televisi baru yang menggabungkan nuansa tradisional arab dengan barat, dan diklaim sebagai MTV bernuansa islam yang pertama.

4Shbab menurut Direktur Eksekutifnya, Ahmed Abu Heiba mengatakan saluran televisi itu mempromosikan nilai-nilai Islam lewat musik hip hop, rap, dan pop, sehingga lirik lagu dan video musiknya juga bertema islam walaupun disampaikan dengan gaya kontemporer.

Ahmed mengatakan musisi yang tampil dalam siaran mereka tetap sopan walaupun bergaya kontemporer untuk menarik perhatian generasi muda di kawasan itu yang semakin tertarik dengan video-video musik barat yang vulgar. Berusaha menjalankan kewajiban sebagai penganut Islam sembari menikmati musik-msik vulgar adalah hal yang kontradiktif.

Stasiun itu dibiayai oleh seorang pengusaha Arab Saudi yang tidak diungkap. Terdapat 800 siara televisi satelit di kawasan itu, 55 di antara siaran-siaran itu adalah musik. (TEM/Ezz)

Published on July 11, 2009 at 6:02 am  Comments Off on ‘4Shbab’ Mtv Islami Pertama di Dunia  
%d bloggers like this: